SELAMAT DATANG DIBLOG DUNIA KEBUGARAN

Selasa, 08 November 2011

Beberapa Tips Bagi anda Untuk Menaikan Berat Badan

berat badan ideal
Bagi Beberapa orang, menaikan berat badan bukanlah sesuatu yang mudah seperti membalik telapak tangan. Khusus nya bagi seseorang yang mempunyai metabolisme sangat baik atau tinggi. Seperti contoh Ada beberapa orang yang memiliki nafsu makan sedikit tetapi sangat cepat mengalami kenaikan berat badan, tapi ada juga orang lain yang memiliki nafsu makan sangat banyak namun sulit sekali untuk menambah berat badan. Hal ini dipengaruhi oleh metabolisme tubuh tiap orang yang berbeda-beda. Maka dari itu sayaa menuliskan artikel tentang Tips-tips untuk program kenaikan berat badan bagi anda.
Berituk adalah Beberapa Tips Bagi anda Untuk Menaikan Berat Badan.
1. Hitung jumlah kalori masuk
Menghitung kalori Anda setiap hari adalah yang wajar ketika Anda berusaha untuk menambah berat badan. Untuk menambah berat badan Anda, maka Anda butuh asupan kalori yang lebih banyak. Oleh karena itu, mulailah hitung berapa banyak kebutuhan kalori Anda dan berapa banyak asupan kalori Anda setiap hari.
2. Makan
Makan adalah faktor yang paling penting yang Anda butuhkan untuk menambah berat badan dengan efektif. Ini masuk akal bahwa Anda perlu makan lebih banyak kalori daripada yang dibakar. Setelah menghitung kalori Anda, maka kalau Anda masih mengkonsumsi kalori dalam jumlah yang kurang dari yang Anda butuhkan, mulailah menambah kalori Anda. Tapi ingat, konsumsilah good calorie! Konsumsilah kalori yang berasal dari karbohidrat baik, lemak baik, serta protein berkualitas. Makan 6 kali sehari adalah awal yang baik. Sarapan, makan siang, makan malam, dan 3 kali snack di antaranya secara teratur sepanjang hari. Daging, ayam, buah, susu, sayuran, keju, dan berbagai macam jenis kacang-kacangan adalah makanan yang baik untuk Anda konsumsi. Apa yang Anda makan akan menentukan keberhasilan program menambah berat badan Anda.
3. Angkat Beban/ latihan beban
    Seperti yang sudah disebutkan di atas, pola makan yang tepat penting untuk menambah berat badan Anda, tetapi untuk menambah berat badan maka Anda sebaiknya menambah massa otot, bukan lemak. oleh karena itu, Anda perlu melengkapi program Anda dengan latihan angkat beban. Untuk menambah berat badan, lakukan latihan teratur 3-4 kali seminggu. Pastikan Anda mengangkat beban dengan benar. Berikan pula waktu istirahat yang cukup bagi otot Anda untuk pulih sebelum melatihnya lagi di latihan berikutnya.
4. Menimbang Berat Badan
Timbang berat badan Anda di akhir minggu. Tapi jangan terlalu senang dulu jika Anda mengalami kenaikan berat badan, apalagi jika kenaikan tersebut cukup drastis. Untuk menambah berat badan dengan optimal, maka Anda perlu untuk menambah massa otot dalam tubuh Anda, sehingga pastikan Anda juga memantau apakah kenaikan berat badan Anda disebabkan oleh bertambahnya massa otot Anda atau malah lemak Anda yang bertambah.
5. Jauhi Lemak Jahat
Hindari lemak jahat seperti lemak jenuh dan lemak trans yang bisa meningkatkan risiko Anda untuk terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. Anda ingin menambah berat badan, tapi Anda tidak ingin berat badan yang Anda dapatkan hanya lemak, ‘kan? Untuk itu, batasi konsumsi kue, keripik, permen, makanan gorengan, apalagi junk food. Konsumsilah lemak baik, entah itu dari ikan tuna (dan ikan laut lainnya), minyak
6. Kecukupan minum air
Minum 8 gelas air sehari dibutuhkan untuk membuat Anda tetap berenergi dan mengoptimalkan metabolisme tubuh Anda. Dehidrasi dapat menyebabkan segala macam masalah kesehatan, termasuk stamina kurang di gym, sehingga hasil latihan Anda untuk menambah berat badan pun kurang.
7. Tidur atau istirahat yang Cukup
Perbanyaklah istirahat dan tidur Anda. Ini adalah salah satu tips menambah berat badan termudah namun paling sering diabaikan. Tidur minimal 8 jam setiap malam diperlukan tubuh Anda untuk berfungsi dengan baik.

Semoga Tips diatas dapat memberikan Inspirasi bagi anda. sukses dan tetap fokus pada program anda... keberhasilan suatu program tergantung pada kefokusan kita menjalani latihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...